8 th CU Angudi Laras Purworejo SEWINDHU

8 th CU Angudi Laras Purworejo SEWINDHU

SEWINDHU :  TUWUH – NGREMBAKA – MUNPANGATI

Dari Klasis Ke Masyarakat

Credit Unon (CU) “Angudi Laras – CUAL dilahirkan oleh GKJ Klasis Purworejo 8 th lalu, sejak 3 Januari 2011  sebagai  salah satu sarana PEJ (Pemberdayaan Ekonomi Jemaat dan masyarakat).  Berawal dari 28 Org, dg asset hanya Rp.2,2 Jt.  kini telah  bertumbuh dan berkembang menjadi 1200an orang dengan asset  di akhir th 2018  mencapai  sekitar 13 Milyar.
Kini terus bertumbuh :  Mengampu 5 Komunitas Basis, 3 Komunitas Bina Usaha  serta  berbagai berprogram nyata  untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Ada pengembangan/ pelatihan di bidang: Batik, Rajut, Jumputan, Aneka Kuliner, bisnis online, dan berbagai industri kreatif rumah tangga. CUAL bergabung dalam koordinasi  BK CU Kalimantan.

Sewindhu CUAL  (2011 – 2019)

“Untuk  mensyukuri, 8 th perjalanan  CU Angudi Laras  (CUAL) Purworejo  kami  akan mengadakan acara  PERINGATAN  SEWINDHU  CUAL, dengan agenda Acara:  (a). EXPO  CUAL   (b).FESTIVAL  TEMBANG  KENANGAN   (c).LOMBA  MEWARNAI  CELENGAN  (d).BIDSTOND  SYUKUR  (e).TSYAKURAN  SEWINDHU  dan  (f).PERESMIAN  GEDUNG  DIKLAT  OJK – Omah ‘Jo Kmenthus”, Ungkap Pdt Lukas Eko Sukoco, MTh., selaku Ketua Panitia HUT Sewindhu CUAL.    Adapun tema yang diusung  adalah  “Sewindhu:  Tuwuh , Ngrembaka, Munpangati” …. Delapan Tahun : Bertumbuh,  Berkembang  dan  Bermanfaat.   Dulu tak punya apa apa… Hanya Doa dan semangat. Kini  CUAL  telah memiliki  Kantor  yang megah ,dengan berbagai sarana dan  prasana  yang memadai.  Kantor CUAL  ada  di Jl. Suryokusuman 17  Purworejo 54114.

Gedung Diklat  “OJK” – Omah  ‘Jo  Kmenthus

Meskipun berbadan Hukum Koperasi; namun Credit Union (CU)  berbeda dengan  Koperasi konvensional pada umumnya.   Koperasi pada umumnya mengurusi uang, ditangani oleh Pengurus dan tidak profesional; akibatnya, kebanyakan Koperasi  statis, dan tidak mengalami  tumbuh – kembang  yang signifikan.   Sementara CU Angudi Laras ditangani secara profesional oleh Manajemen – Pengurus – Pengawas – Penasihat dengan tupoksi  (tugas pokok dan fungsi) masing-masing, dan tujuan utamanya  adalah pemberdayaan  anggota dengan berbagai  sistem, materi dan pokok  diklat yang aktual kontekstual.

Untuk itu sebuah Credit Union perlu didukung dengan sarana prasarana GEDUNG  DIKLAT  yang memadai.   Tepat pada HUT ke 8 th  ini, Credit Union Angudi Laras   melengkapi diri  dengan adanya  Gedung Diklat  OJK – Omah Jo Kmenthus  yang terletak di belakang  Kantor CUAL.   Gedung dua lantai  dengan “aula”, “dapur”, “ruang diskusi”, 3 bh Kamar tidur, 4 bh WC dan Km.  itu diberi nama OJK – Omah Jo Kmenthus   yang berarti   Rumah  atau Tempat  untuk mengingatkan anggota supaya tidak sombong (Jo Kmenthus)  namun tetap rendah hati  guna  terus belajar dan belajar  dalam pemberdayaan diri  demi  tingkat  kehidupan  yang  lebih baik.  SELAMAT  TERUS  BERKIPRAH  CU ANGUDI LARAS  PURWOREJO.
Sumber: Pan. HUT  sewindhu CUAL