Bahan Bulan Keluarga 2019

Bahan Bulan Keluarga 2019

Tema: “Bertolaklah ke Tempat yang Lebih Dalam”

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Bulan Oktober merupakan bulan membahagiakan bagi keluarga-keluarga di lingkungan GKJ dan GKI SW Jawa Tengah karena di bulan ini merupakan Bulan Keluarga. Kami mengharapkan di Bulan Keluarga ini setiap keluarga dapat merefleksikan karya Allah yang menyertai, memberkati, dan melindungi keluarga dalam mengayuh bahtera kehidupan. Oleh karena itu, besar harapan kami agar setiap keluarga meluangkan waktu dari berbagai aktivitas keseharian untuk bisa duduk bersama dalam persekutuan baik bersama keluarga, wilayah (kring/blok) juga di gereja.

Pada Bulan Keluarga 2019 ini, kita akan menggumulkan bersama tema, “Bertolaklah Ke Tempat yang Lebih Dalam”. Tema ini diinspirasi dari seruan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya sebagaimana ditulis dalam Injil Lukas 5:4. Dengan menolakkan perahu ke tempat yang lebih dalam, para murid dapat menangkap ikan lebih banyak. Memang di tempat yang lebih dalam itu ada banyak resiko. Namun di balik resiko selalu ada hal besar bisa diperoleh.

Ibarat perahu yang ditumpangi para murid, demikian pula kehidupan keluarga. Berbagai tantangan karena perjumpaannya dengan berbagai hal terjadi. Karena itu keluarga membutuhkan pegangan dan kejelasan arah. Saat ini keluarga-keluarga berada di era disrupsi. Apa itu era disrupsi? Di bahan dasar bahan ini kita dapat sedikit memahaminya. Demikian juga di bahan-bahan lain.

Sebagai bahan, buku ini tentu memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu supaya dapat dimanfaatkan dengan baik, kami mempersilakan jemaat/gereja membuat modivikasi sesuai dengan kebutuhan dan konteks setempat.

Atas terbitnya buku Bulan Keluarga ini, kami menghaturkan banyak terima kasih kepada para sahabat yang turut menyumbangkan pemikiran dalam diskusi penyusunan dan juga dalam tulisan, sehingga memperkaya materi Bulan Keluarga. Kami berterima kasih kepada:

Pdt. Elia Dwi Prasetya (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)
Pdt. Maria Puspitasari (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)
Pdt. Yonatan Wijayanto (BPMSW GKI SW Jateng)
Pdt. Benaya Agus Dwi Hartanto (BPMSW GKI SW Jateng)
Pdt. Doni Setiawan (GKJ Tuntang Timur)
Pdt. Jaryono (GKJ Ampel)
Pdt. Yoel M. Imdrasmoro (Deputat Litbang Sinode GKJ)
Bp. Saptono (Staf LP3S Salatiga)
Pdt. Adi Setyo Kristiyanto (GKJ Randuares Salatiga)
Pdt. Helen Manurung (GKI Salatiga)
Pdt. Sony Kristiantoro (GKI Soka Salatiga)

Harapan kami bahan-bahan yang tersaji ini bermanfaat bagi kehidupan para keluarga sehingga setiap keluarga dapat merefleksikan kasih dan anugerah Allah dalam perjalanan bersama di biduk keluarga.

Yogyakarta, Juli 2019

Salam kasih,

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng:

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi S. Patriabara

Pdt. Murtini Hehanusa


Download

Bulan Keluarga 2019 Bahasa Indonesia (Ms. Word; Size 3,4Mb)

Bulan Keluarga 2019 Bahasa Indonesia (Pdf; Size 1,7Mb)

Wulan Brayat 2019 Bahasa Jawa (Ms. Word; Size 3,4Mb)

Wulan Brayat 2019 Bahasa Jawa (Pdf; Size 3,4Mb)