In memoriam Dr. (HC) Ir. H. Salahuddin Wahid

In memoriam Dr. (HC) Ir. H. Salahuddin Wahid

In memoriam Dr. (HC) Ir. H. Salahuddin Wahid – biasa dipanggil Gus Sholah (kelahiran Jombang, 11 September 1942)
– meninggal di Jakarta, 2 Februari 2020 pada umur 77 tahun) adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998. Salahuddin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Beliau adalah pembela hak manusia tanpa membedakan agama. Ia juga menyambut baik Forum SOBAT yang diinisiasi oleh Sinode GKJ (kemudian diwakili Bidang Keesaan), Pesantren Edi Mancoro pimpinan (Alm) KH Mahfudz Ridwan, serta Yayasan PERCIK.</p?

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu), dan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Hasyim Asy’ari.
Gus Sholah meninggal dunia di RS. Harapan Kita, Jakarta, pada hari Minggu, 2 Februari 2020, sekitar pukul 20:55 WIB, setelah sebelumnya mengalami masa kritis usai menjalani bedah jantung.