INSPIRASI PEMBINAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 “Keluargaku, Pembimbingku”

INSPIRASI PEMBINAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 “Keluargaku, Pembimbingku”

INSPIRASI PEMBINAAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Keluargaku, Pembimbingku

“Pembinaan anak menjadi salah satu prioritas bagi GKJ Menara Kasih Sruweng di masa pandemi covid-19 ini. “Show must go on” barangkali begitulah semboyan Majelis dan Pengurus Komisi Anak.¬† Itulah yang mendorong mereka untuk memikirkan secara serius bentuk pelayanan Sekolah Minggu yang cocok dalam konteks pandemi covid-19.

Untuk waktu yang belum bisa dipastikan, gedung gereja disterilkan dari segala bentuk kegiatan. Kebaktian dipindahkan ke rumah-rumah. Begitu pun Sekolah Minggu. Uniknya, khusus pembinaan anak, GKJ MK Sruweng tidak memakai sarana video seperti kebaktian umum. GKJ MK Sruweng lebih memilih untuk memberdayakan para orang tua atau keluarga sebagai guru/pembimbing bagi anak-anak mereka.

Caranya sederhana saja. Gereja membagikan materi pengajaran (berdasarkan kurikulum anak GKJ) lengkap dengan panduan pembuatan aktivitasnya. Sebagai penyemangat, setiap keluarga diminta untuk mengunggah foto atau video kegiatan mereka ke WA group atau media sosial lainnya.

Langkah kecil yang dilakukan GKJ MK Sruweng ini setidaknya memberikan dua manfaat sekaligus. Pertama, anak-anak tetap terlayani dengan baik. Kedua, orang  tua dan keluarga diberdayakan untuk ambil bagian dalam pelayanan. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat dan menjadi berkat bagi kita semua. Er