SinodeGKJ, Karangpandan – GKJ Klasis Lawu Karanganyar menggelar Sidang Klasis XV, bertempat di Bukit Hermon, Sabtu, 9 Januari 2021, dengan GKJ Bekonang sebagai gereja penghimpunan. Sidang antara lain memilih Pdt. Dwi Anggono sebagai Ketua Bapelklas XV GKJ Klasis Lawu Karanganyar menggantikan Pdt. Purnomo Kristiawan.

Sidang dimulai pada pukul 09.30 WIB, dibuka dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Medi Antopo. Setelah ibadah, dilanjutkan doa syukur dan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT Klasis Lawu Karanganyar yang ke 16.

Doa Syukur dipimpin oleh Pdt. Purnomo selaku Ketua Bapelklas XIV,  dilanjutkan pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Majelis GKJ Kebakkramat selaku gereia penghimpun selanjutnya.

Sidang Pembukaan dipimpin oleh majelis GKJ Bekonang selaku gereja penghimpun, yang selanjutnya menyerahkan kepada moderamen terpilih yang terdiri dari : Pdt. Dwi Anggono ( GKJ Tawangmangu ), Penatua Suwanto ( GKJ Kerjo ) , Pdt. Medi Antopo ( GKJ Bekonang ) dan Pdt. Ageng Prasetya Rahardjo ( GKJ Karangpandan ).

Sidang dilaksanakan dalam forum sidang seksi dan pleno. Sidang membahas sejumlah materi diantaranya usul dari gereja-gereja, laporan dari Bapelklas dan Bawasklas, serta laporan dari lembaga di bawah Klasis.

Selain membahas persoalan organisasi dan kegiatan rutin, juga dipercakapkan persiapan pendeta yang akan memasuki masa emiritus. Dalam rentang waktu 6 tahun ke depan ada 4 gereja yang pendetanya memasuki masa emiritus, yaitu GKJ Manunggal, GKJ Kismorejo, GKJ Kerjo dan GKJ Tawangmangu.

Masalah lain yang dibicarakan adalah bantuan yang diberikan Klasis Lawu Karanganyar kepada TK Kristen dan SD Kristen Karanganyar melalui lembaga yang dibentuk oleh Klasis, yaitu MPPK ( Majelis Penyelenggara Pendidikan Kristen ).

 

Sinode GKJ mengutus dua visitator pada Sidang XV Klasis Lawu Karanganyar ( foto: Pdt Widiarso)

Sidang diakhiri dengan pemberhentian Bapelklas dan Bawasklas XIV dan pengangkatan Bapelklas dan Bawasklas XV GKJ Klasis Lawu Karanganyar.  Pdt. Dwi Anggono terpilih sebagai Ketua Bapelklas XV GKJ Klasis Lawu Karanganyar menggantikan Pdt. Purnomo Kristiawan.

Sidang ditutup dengan sensoramorun yang dipimpin oleh moderamen dan doa penutup oleh Pdt. Dyan Sunu Prakosa. Sidang berakhir pada pukul 16.00.

Dalam sidang kali ini, Sinode GKJ mengirim dua orang visitator yakni Pdt. Widiarso Ekohadi Noegroho dan Pdt. Dyan Sunu Prakosa. (Pdt. Widiarso/Tim Admin)