SinodeGKJ, Salatiga – Dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya HUT yang ke-90, Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa (Sinode GKJ) mengadakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara online, yakni Webinar (15 Februari 2021), lokakarya (16 Februari 2021) dan Ibadah HUT (17 Februari 2021).

Tahun ini Sinode GKJ memilih tema besar “Bersekutu tanpa Bertemu” untuk seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahunnya yang ke-90. Tema ini dipilih mengingat saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang tidak memungkinkan dilakukan pertemuan tatap muka ataupun kegiatan yang melibatkan banyak orang, demi mencegah meluasnya paparan virus.

Tema besar tersebut juga menjadi isu sentral dalam pembahasan webinar yang mengambil tema “Gereja Digital” dan lokakarya yang megambil tema “Membangun Ibadah Daring”.

Webinar “Gereja Digital” dilatarbelakangi oleh situasi pandemi yang mendorong Gereja-Gereja Kristen Jawa untuk mengembangkan rupa-rupa pelayanan daring (online) melalui pelbagai platform media sosial. Tiga pertanyaan besar akan dibahas dalam webinar kali ini :

1. Khazanah-khazanah teologis apa sajakah yang kiranya dapat membantu umat dalam menanggapi pergumulan gereja saat ini, ketika jaga jarak fisik memunculkan realitas komunitas yang nir sentuhan langsung?

2. Isu-isu teologis apakah yang kiranya dihadapi oleh gereja-gereja institusional ketika mereka bergerak kepada model gereja rumah secara daring (online)?

3. Bagaimana kiranya pengalaman-pengalaman bergereja secara digital di masa pandemi ini akan membentuk wajah kondisi sosial pasca pandemi pun wajah masa depan eklesiologi?

Webinar akan dilaksanakan pada hari Senin, 15 Februari 2021, pukul 18.00-20.30 WIB, dan diikuti oleh peserta terutama adalah para pendeta, penatua, dan diaken Gereja-Gereja Kristen Jawa. Webinar akan berlangsung selama lebih kurang 150 menit dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya.

Rincian Mata Acara Webinar Sebagai Berikut:

 

Sementara Lokakarya “Membangun Ibadah Daring” dimaksudkan untuk membangun jembatan komunikasi antar gereja dalam menanggapi pergumulan terkait ibadah daring. Lokakarya juga akan mengidentifikasi pelbagai persoalan yang dialami gereja-gereja, sekaligus ragam alternatif solusi berdasarkan berbagai pengalaman yang ada.

Lokakarya ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Februari 2021, pukul18.00-20.30, dengan peserta terutama adalah tim multimedia di lingkungan Gereja-Gereja Kristen Jawa.

Lokakarya daring ini akan berlangsung selama lebih kurang 150 menit dengan paparan dari narasumber ahli dan praktisi terpercaya, serta diskusi yang melibatkan seluruh peserta.

Rincian Mata Acara Lokakarya Sebagai Berikut :

 

Seluruh rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-90 Sinode GKJ akan ditutup dengan Ibadah HUT Sinode GKJ secara online pada Rabu 17 Februari 2021, pukul 17:00 WIB. Ibadah dengan tema “Bersekutu Tanpa Bertemu” akan dilayani oleh Pdt. Dr. TN. Ebenheser Lalenoh, S.Th., MA, dan akan ditayangkan Premier di Youtube Sinode GKJ. (Tim Admin)