SinodeGKJ, Sukoharjo – “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah ” menjadi tema SIDANG XVII Klasis GKJ Sukoharjo, yang digelar pada Sabtu, 30 Januari 2021 , dengan Sub Tema : Kewarganegaraan Kreatif.

Sidang klasis kali ini diadakan di Rumah makan Ji Nung Sukaharjo, dengan GKJ Kronelan sebagai gereja penghimpun. Sidang dimulai pada pukul 08.00 WIB, didahului dengan ibadah pembukaan.

Beberapa persoalan penting dari sejumlah gereja dibahas dalam sidang klasis kali ini, diantaranya masalah pemanggilan calon pendeta, pentahbisan vikaris dan masalah persiapan pendeta yang memasuki masa emiritasi serta masalah hibah tanah. Masalah kependetaan yang dibahas antara lain:

(1) GKJ Bulu Sukoharjo akan melaksanakan emiritasi atas diri Pdt. Widodo Suwandi M.Min pada bulan Maret 2021.

(2) GKJ Bulu sedang memproses timbalan pendeta atas diri sdr. Mahas Parasdya Agia S.Si, dan ujian peremtoir direncanakan pada bulan Agustus 2021.

(3) GKJ Kronelan sedang memproses pemanggilan calon pendeta atas diri Sdr. Agung Sudrajat. Tahap pemilihan yang sedianya dilakukan pada bulan Maret 2021 ditunda karena kondisi pandemi dan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021.

(4) GKJ Sukoharjo akan mentahbiskan Vikaris Widhewani Suwandi S.Si sebagai pendeta GKJ Sukoharjo pada tanggal 31 Juli 2021.

(5) GKJ Tawangsari sedang mempersiapkan emiritasi Pdt. SKA Indra Hartoko STh pada tahun 2024. Untuk itu mulai tahun 2021 ini gereja membentuk panitia persiapan emiritasi dan pemanggilan pendeta.

(6) GKJ Grogol akan mentahbiskan Vikaris Sophia Bernadetta Evanti S.Si sebagai Pendeta GKJ Grogol pada tanggal 27 Februari 2021.

Selain masalah kependetaan, sidang juga membahas masalah hibah sebidang tanah yang telah diterima Klasis Sukoharjo dan akan dipergunakan untuk membangun Gedung Pertemuan. Klasis telah membentuk Panitia Pembangunan Gedung Pertemuan Klasis dan telah menyusun RAB pembangunan gedung tersebut.

Terakhir, sidang juga telah memilih Personalia BPH BAPELKLAS SUKOHARJO XVII yakni Ketua: Joko Santoso, Sekretaris : Yunus Ambar N, dan Bendahara : Ardi Kurniawan.

Dalam sidang ini Sinode GKJ mengutus dua orang visitator yakni Pdt. Indar Prasetyotomo dan Pdt. Purnomo Kristiawan.  Sidang XVII Klasis GKJ Sukoharjo berakhir pada pukul 12.00WIB, dan ditutup dengan doa.   (Pdt. Purnomo Kristiawan)