SinodeGKJ, Depok – Untuk pertama kalinya setelah 28 tahun, GKJ Yeremia Mandiri, Kota Depok, Jawa Barat kembali menahbiskan seorang pendeta, pada Sabtu, 13 Februari 2021. Jika sebelumnya ibadah peneguhan dilakukan terhadap Pdt. Eddyson SWN S.Th, M.Min yang kini memasuki masa emiritasi, maka kali ini GKJ Yeremia Mandiri meneguhkan Vik. Abanita Kaban S.Si sebagai pendeta baru gereja tersebut.

Dengan mempertimbangkan kota Depok yang berada pada zona merah, maka pelaksanaan Ibadah Penahbisan secaa langsung (onsite) menerapkan protokoler kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah kehadiran serta pelayanan secara online melalui live streaming via Youtube.

Ibadah penahbisan yang dipimpin oleh Pdt. Rudy Arinta dari GKJ Ebenhaezer sebagai pendeta konsulen GKJ Yeremia dan Pdt. Em. Eddyson SWN S.Th, M.Min, dihadiri secara langsung oleh beberapa pendeta Klasis Jakarta Bagian Barat, Klasis Jakarta Bagian Timur, serta MPH PGIS Depok.

Tidak hanya pendeta yang hadir secara langsung, tetapi juga beberapa anggota keluarga Pdt Abanita Kaban S.Si. Sedangkan untuk warga jemaat mengikuti ibadah penahbisan via live streaming Youtube dari rumah masing-masing. Selain itu, para pendeta dari luar kota yang mengikuti ibadah serta tumpang tangan via zoom.

Vikaris Abanita Kaban, S.Si memilih tema “Terimalah AjakanNya” untuk kotbah sulung dengan dasar Firman Matius 11: 25-30.

Melalui kotbahnya, Pdt. Abanita Kaban S.Si melihat dan merasakan kukNya, ajaran dan cara hidupNya itu menghidupkan, memberi harapan dan masa depan. Menerima ajakan Tuhan Yesus untuk hidup menurut cara hidup yang Tuhan ajarkan yaitu rendah hati, penuh kemurahan, kelemahlembutan, kasih, tulus, dan jujur.

Sebagai penutup kotbah sulungnya, Pdt. Abanita Kaban S.Si mengajak seluruh umat menyanyikan PKJ 177: Aku Tuhan Semesta, bait 1 dan 2 sebagai penegasan kesiapan menerima ajakan Tuhan. (Pdt. Temi Setyowati)