Tema: Keberanian Menyongsong Hidup
Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode GKI Wilayah Jawa Tengah

Pengantar
Salam jumpa para sahabat LPP Sinode yang baik. Harapan kami, perjumpaan kita kembali dapat terjadi dalam semangat berpelayanan yang tetap menyala. Bukan karena kemampuan kita atau keadaan telah menjadi seperti yang kita harapkan. Rasanya realitas masih jauh dari harapan kita. Dunia kita, boleh dikatakan, jauh dari harapan. Pandemi Covid-19 dengan segala akibatnya, telah memorakmorandakan hidup dan masa depan kita. Bahkan suasana hidup terasa mencekam. Karena itu, jika semangat pelayanan kita tetap menyala itu karena karya Allah di dalam Roh Kudus. Semangat karya Roh Kudus itulah yang akan kita hayati kembali melalui masa Pentakosta 2021.

Pada masa Pentakosta tahun 2021 ini, kita belajar bersama mempergumulkan tema “Keberanian Menyongsong Hidup.” Tema ini penting untuk merefleksikan realita hidup kita saat ini. Dengan jujur kita mengakui bahwa pandemi dengan segala akibatnya menggentarkan hidup kita. Namun, sebagai orang beriman kita tetap dipanggil untuk terus berkarya. Roh Kudus inilah yang menjadi sumber karya gereja. Roh Kudus kita imani terus berkarya dalam rangka menguatkan kita untuk hadir memberikan keberanian dan semangat untuk terus berkarya menghadirkan kebaikan Allah di tengah-tengah dunia. Karya itu dilakukan bukan karena gereja tidak mengalami pergumulan. Gereja tetap mengalami gumul dan juang, namun dengan cara pandang dan pengharapan yang berbeda. Di sini kita perlu mengingat pernyataan Uskup Inggris John V. Taylor yang mengatakan bahwa Roh Kudus menyanggupkan kita bukan dengan membuat kita secara adikodrati kuat, melainkan dengan membuka mata kita.

Dalam menemani refleksi kita di masa Pentakosta 2021 ini, kita dibantu oleh rekan-rekan yang turut menyemarakkan dan memberi wawasan dalam diskusi-diskusi saat mempersiapkan bahan masa Pentakosta 2021 ini. Kepada mereka yang disebutkan ini kita patut berterima kasih, yaitu:

Pdt. Darmanto Lemuel (BPMSW GKI SW Jateng)
Pdt. Paulus Kristian Mulyono (BPMSW GKI SW Jateng)
Pdt. Erni Ratna Yunita (Bapelsin GKJ Bidang PWG)
Pdt. Neny Suprihartati (Bapelsin GKJ Bidang PWG)
Pdt. Imanuel Adi Saputro (Bapelsin GKJ Bidang PWG)
Pdt. Yosias Nugroho Wijaya (GKI Serpong)
Pdt. Dane Dea Kumala (GKJ Wonosari)
Pnt. Sih Ell Cahyadi Pamungkas (GKI Karawaci)
Pnt. Yohannes A.B. Sethiawan (GKI Bintaro Utama)
Pdt. Samuel Andi Prasetyo (GKJ Demakijo)
Sdr. Yosua Boby Wijaya (Mahasiswa Stage)
Semoga dengan karya bersama melalui bahan masa Pentakosta 2021 ini, semangat dan keberanian dalam berkarya di tengah-tengah situasi yang mencekam tetap hadir dalam karya-layan kita di gereja/jemaat kita masing-masing. Kiranya Allah Bapa yang kita kenal melalui Yesus Kristus dalam karya Roh Kudus memampukan kita.

Salam dan hormat kami,

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi S. Patriabara

Pdt. Murtini Hehanussa

Masa Pentakosta 2021_Indonesia, Ukuran: 1,6 MB (Downloaded: 84)

Masa Pentakosta 2021_Indonesia pdf, Ukuran: 1,9 MB (Downloaded: 58)

Bagi Bapak/Ibu/Saudara yang ingin memberikan persembahan maupun apresiasi atas diterbitkannya buku tersebut, dapat mengirimkan donasinya melalui rekening berikut ini:

Rekening LPP Sinode
Giro BCA a.n. GKI SW Jateng QQ LPP Sinode No. 6975405200
Giro BRI a.n. LPP Sinode no. 0029-01-000409-30-9

Atau scan QRIS berikut ini:

 

 

 

 

 

QRIS BCA LPP Sinode

 

QRIS BRI LPP Sinode