SinodeGKJ, Purworejo – Sidang Klasis Purworejo 2021, telah digelar di Kantor Klasis Purworejo, Jl. Jendral Sudirman No.38, Purworejo, 13 Februari 2021 lalu. Namun ada kebiasaan baru yang menarik perhatian dan ternyata mendapat apresiasi peserta sidang

Situasi pandemi yang masih menebar kekhawatiran akan penularan virus mematikan itu, membuat perhelatan tingkat klasis ini menjadi berbeda. Selain penerapan protokol kesehatan ketat yang sudah pasti, acara bersifat seremonial pun berkurang intensitasnya. Sambutan-sambutan yang selama ini disampaikan secara berbusa-busa dihilangkan atas dasar telah ada teks tertulis yang bisa dibaca oleh peserta sidang.

“Hal yang layak disyukuri sehingga melatih orang berpikir, berbicara dan bertindak efektif dalam menjalani rentetan acara persidangan. Hanya sambutan dari Visitator Sinode yang terpaksa disampaikan secara lisan,” ujar Pdt. Setiyadi, Sekretaris II Sidang GKJ Klasis Purworejo.

Ia mengungkapkan, situasi yang disebut sebagai “new normal” tersebut oleh jajaran Gereja-Gereja Kristen Jawa dimaknai sebagai tata kehidupan yang berada dalam rencana dan kehendak Allah, sebagaimana menjadi tema persidangan kali ini.

“Hidup dalam rencana dan kehendak Allah, itu tidak mudah”, demikian Pdt. Lukas Eko Sukoco mengawali homili pembuka Sidang Klasis Purworejo 2021.

Pdt. Lukas memilih Surat Rasul Paulus kepada Jemaat Efesus 5:14-17, sebagai bacaan suci untuk menemukan bagaimana wujud hidup dalam rencana dan kehendak Allah dalam konteks pandemi covid-19. Konteks yang oleh Visitator Sinode, Pdt, Johan Budiman mendapatkan perhatian khusus lewat penyampaian informasi secara lisan tentang kegiatan dalam rangka HUT Sinode ke-90 dengan tema “Bersekutu Tanpa Bertemu.”

Tema ini telah memberi tempat pada perbincangan di seputar fenomena ‘Gereja Digital’ hingga bagaimana mengelola ibadah dalam jaringan.

Pimpinan sidang kali ini diketuai oleh Pdt. Yuliana Saragih sebagai Ketua I dan Pdt. Lintang Anggraeni sebagai Ketua II, didampingi Pdt. Yogi Hapsoro sebagai Sekretaris I dan Pdt. Setiyadi sebagai Sekretaris II

Agar efektif, pembahasan materi sidang dibagi dalam beberapa seksi, yaitu: Seksi Keesaan, Seksi KesPel-PWG, Seksi Penatalayanan dan Seksi Nominasi. Sidangpun berjalan lancar dan efektif.

“Kecermatan panitia dibantu pimpinan persidangan dalam memilah dan memilih materi untuk Sidang Seksi, membuat Sidang Seksi berjalan lancar. Tanpa berlama-lama tiap seksi pun merampungkan pembahasan materi hingga pada pukul 11.33 sudah bersiap untuk memasuki Sidang Pleno IV,” kata Pdt. Setiyadi.

Materi Sidang

Sidang klasis kali ini membahas berbagai hal dan menghasilkan banyak keputusan. Salah satunya adalah masalah pengelolaan aset Kyai Sadrah, yang merupakan kerjasama antara GKJ Karangjoso dengan “Yayasan Kyai Sadrach”.

Masalah lain adalah kemandirian LBH Klasis, Emeritasi Pdt. Siswopranoto dari GKJ Kaligesing pada 2022, dan rencana penahbisan Vic. Zefanya Duta Prasetya sebagai pendeta dari GKJ Tlepok.

Yang tak kalah penting adalah soal penggembalaan kaum milenial. Perubahan zaman menuntut keluwesan strategi penggembalaan kaum milenial yang melek teknologi ini agar tidak kehilangan akar psikhospiritual sebagai bagian penting kehidupan GKJ terutama dalam sejarah Klasis Purworejo.

Di bagian akhir, Sidang Pleno IV menyepakati Personalia Bapelklas Purworejo 2021-2023 adalah: Ketua Pdt. Yuliana Saragih, Sekretaris Pdt. Setiyadi dan Bendahara Drg. Dwitiya Suprijono.

Sebelum persidangan usai, ada warnasari dari Pdt. Lukas Eko Sukoco yang mengingatkan pentingnya sejarah, supaya tidak lupa bahwa Sidang Klasis Purworejo telah melahirkan CU Angudi Laras. Diharapkan supaya ketika Gereja-Gereja ada kegiatan untuk melibatkan CU.

Setelah sensuramorum dengan kesaksian bahwa persidangan berjalan baik dan semua peserta bisa menerima hasilnya, Sidang GKJ Klasis Purworejo 2021 diakhiri dengan Ibadah Penutup sekaligus Pengutusan Bapelklas-Bawasklas, Pendeta Konsulen Masa Bhakti 2021-2023.

Dalam kotbahnya, Pdt. Wiworo Adi Kawurjanto Setjo mengambil tema “Pinitaya Pinatah Kardi” berdasarkan refleksi dari Injil Lukas 19:41-44. (Tim admin)