SinodeGKJ, Karanggedang – Gereja-Gereja Kristen Jawa Klasis Banyumas Selatan mengadakan sidang yang ke-93, pada Kamis, 11 Maret 2021. Sidang berlangsung di GKJ Karanggedang sebagai Gereja Penghimpun.

Sidang dihadiri oleh utusan gereja-gereja se klasis yang terdiri atas 9 Gereja yaitu; GKJ Adireja Adipala, GKJ Bangkal, GKJ Bangsa, GKJ Cilacap, GKJ Cilacap Utara, GKJ Karanggedang, GKJ Kroya, GKJ Sih Rahmat Pesawahan, GKJ Jeruk Legi Margi Rahayu.

Disamping anggota Gereja se Klasis, hadir juga undangan dari Bebadan, klasis tetangga (Klasis Banyumas Utara, Klasis Citanduy, dan Klasis Kebumen) Pendeta Konsulen, Bapelklas dan Bawasklas Banyumas Selatan, undangan dan Visitator Sinode GKJ yakni Pdt. Elya Budi Raharjo dan Pdt. Sugeng Prihadi.

Sidang didahului dengan ibadah pembukaan pada pukul 08.15 WIB, dipimpin oleh Pdt. Taswan, S. Th selaku pendeta jemaat di GKJ Karanggedang. Khotbah bertema: “Pada Hikmat dan Kekuatan”, dengan dasar Firman Tuhan pada Kitab Ayub 12:12-13.

Tujuan dari pelayanan Firman ini agar dengan bersandar pada hikmat dan kekuatan Allah, gereja-gereja optimis dan kreatif menjalankan tugas dan panggilannya secara khusus disaat Pandemi Covid 19.

Sementara itu, materi persidangan dari gereja-gereja masih menyinggung masalah Pandemi Covid 19, bagaimana gereja dapat secara cerdas dalam menjalankan tugasnya, baik dalam Pembinaan, Kesaksian, Penatalayanan, Keorganisasian gereja.

Bukan berarti selama masa Pandemi Gereja diam saja. Perlu dimunculkan ide ide kreatif. Misalnya pembinaan atau ibadah secara virtual, atau melalui YouTube.

Cukup menarik dalam persidangan manakala ada semangat kebersamaan gereja-gereja dalam memikirkan masalah bencana, termasuk didalamnya jemaat yang terkena dampak Pandemi Covid 19. “Sangkul sinangkul ing bot repot” tetap menjadi semangat kebersamaan gereja gereja se Klasis Banyumas Selatan.

Ini merupakan sisi positif yang menjadi pelajaran sekaligus pembelajaran bersama bagi gereja gereja dimana dalam bencana nasional dan mendunia, gereja memerlukan kerjasama diantara mereka.

Tidak ketinggalan juga kreatifitas gereja-gereja khususnya dalam Bidang Multi Media. Sejalan dengan harapan Sinode GKJ, saat ini gereja-gereja yang aktif menggunakan Multi Media sebagai salah satu program pembinaan, juga diminta untuk membuat profil gereja-gereja dan Klasis yang kemudian akan menjadi salah satu upaya pewartaan gereja dan klasis di Kanal YouTube Sinode GKJ.

Saat sidang berlangsung, petugas gabungan dari Kec. Sumpiuh, Polsek dan Koramil menyambangi gereja. Petugas menyampaikan pesan supaya dalam kegiatan Sidang tetap menjaga protokol kesehatan.

( Pdt Taswan dengan petugas dari kecamatan, polsek dan koramil )

Panitia Sidang diwakili oleh Pdt. Taswan menyampaikan kepada petugas bahwa panitia mempersiapkan kegiatan berdasarkan protokol kesehatan yang ketat. Gedung gereja sudah disemprot dengan disinfektan, tempat cuci tangan dan handsanitizer tersedia. Tidak hanya itu para peserta sidang dilengkapi dengan face shield dan masker.

Petugaspun memuji kesiapan gereja yang telah mempersiapkan protokol kesehatan, dan menghimbau terus menjaga supaya tidak ada klaster baru pasca sidang berlangsung. (Pdt. Sugeng Prihadi)