SinodeGKJ, Salatiga – Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) mengutus Pdt. Iky Sumarthina Putri Prayitno, Th.D. sebagai Pendeta Pelayanan Khusus Sinode GKJ untuk Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga.

Ibadah Penahbisan & Pengutusan Pdt. Iky Sumarthina Putri Prayitno, Th.D. berlangsung pada Sabtu pagi, 27 Maret 2021, di GKJ Salatiga.

Pdt. Iky lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10 Juli 1984. Setelah menyelesaikan pendidikan kanak-kanak hingga menengah atas di Kupang, Pdt. Iky melanjutkan pendidikan tinggi kesarjanaan dan magister theologi hingga jenjang doktoral di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga dan Presbyterian Collage and Theological University di Seoul, Korea Selatan.

Dalam studinya, Pdt. Iky berkonsentrasi di bidang Ilmu Pendidikan Agama Kristen. Karena itu ia merasa pengutusan dirinya sebagai salah satu tenaga pendidik ke Fakultas Teologi UKSW adalah kontribusi nyata dirinya bagi dunia pendidikan.

Sementara dalam Khotbah sulungnya, Pdt Iky mengambil dasar Firman Tuhan dari Yohanes 3:22-36 dengan tema: “Ia Semakin Besar di dalam ku”.

Acara penahbisan dan pengutusan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota Salatiga, mewakili Walikota Salatiga Yulianto, SE., MM. Dalam pidato tertulis yang dibacakan Sekda, Walikota Yulianto menjelaskan bahwa Salatiga telah menjadi Kota Tertoleran Pertama se-Indonesia.

Predikat ini menurutnya diperoleh berdasarkan kolaborasi dan sinergi antara kebijakan maupun program pemerintah, yang disambut dan diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Kota Salatiga. Untuk itu ia meminta seluruh civitas akademika UKSW untuk ikut berperan menjaga predikat tersebut.

“Mahasiswa Fakultas Theologia UKSW selaku bagian dari masyarakat Kota Salatiga saya harap dapat turut serta mengukuhkan predikat tersebut dengan menjadikan toleransi sebagai dasar hidup sehari-hari. Untuk itu sebagai tenaga pendidik, saya minta saudari Iky agar dapat turut serta menanamkan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan belajar mengajar sehari-harinya,” kata Walikota Yuliyanto.

Dalam acara penahbisan dan pengutusan ini, Sinode GKJ mengutus Visitator Pdt. Hananto Kusumo. (Aris Widaryanto)

Foto-foto lain di IG