Sabtu, 19 Juni 2021 Minggu Biasa VI

1 Samuel 18: 1-4; Mazmur 9:9-20; Lukas 21: 25-28 link Alkitab

BANGKITLAH

“Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat” (Lukas 21:28)

Dalam menjelaskan satu hal, Tuhan Yesus sering mengajarkan dengan perumpamaan untuk menceritakan tentang Kerajaan Surga. Bacaan hari ini menunjukkan ketika Tuhan Yesus mengajar tentang akhir zaman ketika Anak Manusia datang, dalam awan, dengan kuasa; dan kemuliaan yang besar. Salah satu pertanda yang akan terjadi ketika Anak Manusia datang untuk menyelamatkan umat-Nya; yaitu adalah tanda alam berupa kilatan-kilatan di langit dan gelora laut. Itulah sebabnya ketika semua ini terjadi, kita diperintahkan supaya bangkit bangun dan melihat ke atas untuk melihat awan menunggu kedatangannya Anak Manusia!

Perkataan Tuhan Yesus mengajar kita untuk selalu siap karena sewaktu-waktu Dia datang kepada kita. Di dalam kita bersiap itu adalah dengan membangun hubungan kita dengan Tuhan Allah melalui ibadah dilakukan bersama-sama, begitu juga doa secara pribadi. Kita juga menyambut dengan kedatangan Tuhan dengan mewujudkan cinta kasih kepada sesama; terlebih bagi yang membutuhkan bantuan, sebagai bentuk ibadah setiap hari. Tetapi sayangnya, ada beberapa orang Kristen yang tidak mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan. “Nah, tanda-tanda alam itu  belum datang, kan? Masih lam! Kenapa harus bersiap sekarang? Nanti saja kalau sudah datang, baru bertobat. Enak kan!  Itu yang sering menjadi alasannya!

Apabila kita bisa mengetahui apa yang akan terjadi dengan tanda-tanda alam. Tetapi kita tidak bisa mengerti kapan kita akan dipanggil oleh Tuhan Allah. Jadi marilah kita selalu siap dan berjaga. Tuhan Allah tidak berkenan dipermainkan atau dicobai (Galatia 6:7). Tuhan Allah menghendaki supaya para orang percaya selalu sungguh-sungguh bersiap dan berjaga meskipun tidak tahu kapan waktunya. Untuk itu, marilah bangkit!* ohpn