Sabtu, 31 Juli 2021 Minggu Biasa XII

Hakim 6:1-10; Mazmur 51:1-12: Matius 16:5-12

Waspada

Yesus berkata kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi  orang Farisi dan Saduki.” (Matius 16:6)

Salah satu tugas Gereja Kristen Jawa adalah memelihara iman warga Gereja. Bermacam-macam dan banyak cara yang digunakan oleh  Majelis Gereja untuk menjaga utuhnya iman percaya. Melalui pelayanan untuk  anak-anak Sekolah Minggu hingga Komisi Adiyuswa, semuanya didampingi dengan baik. Karena orang percaya yang telah menjalani hidup baru tersebut tidak akan kebal dari berbagai pencobaan dan ajaran yang menyesatkan.

Bacaan kita hari ini menceritakan tentang ajaran Tuhan kepada murid-muridnya, ketika mereka mendengar ajaran orang Farisi dan Saduki. Tuhan Yesus memberi nasihat untuk berhati-hati terhadap apa yang diajarkan oleh orang-orang tersebut. Orang Farisi dan Saduki mengajar bangsa Israel tentang  hidup yang harus mematuhi Hukum Taurat, tetapi juga ditambahkan dengan  mengikuti adat budaya yang ada di lingkungannya. Tambahan ajaran tersebut digambarkan oleh Tuhan Yesus sebagai ragi yang dimasukkan ke dalam adonan roti. Jika murid-muridnya kemudian  percaya pada ajaran itu pasti tidak akan menerima hidup yang kekal, karena mereka mengikuti ajaran yang sesat.

Sebagai ciptaan baru kita harus menghindari ajaran sesat agar tidak masuk di dalam hati kita. Roti utama adalah pengajaran yang berasal dari Tuhan Allah. Pengajaran tentang apa yang  menjadi kehendak Tuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan para umat milikNya. |*YS