SinodeGKJ, Klaten – Gereja-gereja Kristen Jawa Klasis Klaten Barat menggelar Sidang Klasis Istimewa dalam rangka ujian calon pendeta GKJ Gondangwinangun, Pradita Noviantoro, S.Si. Teol., CCM.

Sidang istimewa dilaksanakan Jumat, 15 Oktober 2021 , di Gedung Induk Gereja Kristen Jawa Gondangwinangun, Klaten.

Ujian berlangsung untuk empat mata ujian, yaitu Khotbah, Pokok-pokok Ajaran GKJ (PPA GKJ), Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ (TGTL), serta Sejarah Gereja.

Pradita Noviantoro mengemas makalah untuk materi ujian di bawah kerangka besar Teologi Sosial. Dalam Khotbahnya, yang juga menjadi khotbah ibadah pembukaan, Pradita menyoroti teladan Yesus menghidupi Teologi Sosial dalam pelayanan-Nya. Mata ujian ini dibawah bimbingan Pdt. Ryan Pandu Bagaswara.

Sementara mata ujian PPA GKJ, di bawah bimbingan Pdt. Agus Sugiarto, ia menggali masalah untuk menemukan perwujudan Teologi Sosial di dalamnya, dan hal itu mewujud dalam pengajaran pada Bab “Kehidupan Orang Percaya di Dunia”.

Untuk mata ujian TGTL, di bawah bimbingan Pdt. Hery Windarta, ia menyoroti masalah pelaksanaan Pemberitaan Penyelamatan Allah yang dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama sebagai perwujudan Teologi Sosial.

Adapun untuk mata ujian Sejarah GKJ Gondangwinangun yang ada di bawah bimbingan Pdt. Andono Pawoko, dilihatnya dalam kerangka Teologi Sosial, hingga dia menemukan tiga tipologi pengejawantahan Teologi Sosial, yaitu Tipe Diakonia Karitatif, Tipe Diakonia Pembangunan, dan Tipe Diakonia Pembangunan Transformatif.

Dalam sidang tertutup, Pradita Noviantoro akhirnya dinyatakan layak tahbis dan memasuki masa vikariat selama satu tahun. Setelah itu, Pradita Noviantoro akan dihadirkan untuk mendengarkan hasil ujian, kemudian membaca dan menandatangani surat janji.

Sidang istimewa ini juga dihadiri oleh Visitator dari sinode GKJ yakni Pdt. Johan Budiman dan Pdt. Kristi. (Pdt Johan Budiman)