SinodeGKJ, Pemalang – Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) di Klasis Pekalongan Barat, menggelar Sidang Istimewa, Jumat, 3 Desember 2021, dengan agenda utama Ujian Calon Pendeta Jhosep Christanto, S.Ag. Sidang Istimewa ini berlangsung di The Winner Hotel Pemalang, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sidang Istimewa dihadiri oleh Utusan GKJ dari Klasis Pekalongan Barat, (GKJ Pemalang, GKJ Tegal, GKJ Brebes, GKJ Moga, GKJ Slawi dan GKJ Mejasem), Visitor Sinode, utusan klasis tetangga (Klasis Jakarta bagian Barat, Jakarta bagian Timur dan Banyumas Utara) dan perwakilan keluarga calon pendeta.

Acara sidang dimulai pada pukul 08.00 wib dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. AS Wiratmo. Sementara, kotbah disampaikan oleh calon pendeta Jhosep Christanto, S.Ag., yang sekaligus menjadi materi ujian saat itu.

Setelah selesai kebaktian pembukaan, sidang dimulai dan dipimpin oleh Majelis GKJ Pemalang sebagai gereja penghimpun, dengan acara Sidang pengesahan sidang dan penetapan moderamen yakni Ketua 1. Pdt. Trombin Naftaliyus (GKJ Moga), Ketua 2. Pnt. Heriadi (GKJ Slawi), Sekretaris 1. Pdt. AS Wiratmo (GKJ Pemalang) dan Sekretaris 2. Pnt. Mateus Sartono (GKJ Tegal).

Para moderamen yang terpilih ini selanjutnya memimpin jalannya sidang dengan agenda pengesahan acara, tata tertib, materi dan paranpara. Persidangan dilanjutkan dengan materi tunggal yakni ujian calon pendeta GKJ Pemalang atas diri Sdr. Jhosep Christanto, S.Ag.

Materi ujian meliputi Kotbah dengan pembimbing dan penguji Pdt. Bernadus, PPA GKJ dengan pembimbing dan penguji Pdt. Sugeng Prihadi, Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ dengan pembimbing dan penguji Pdt. Agus Yusak, kemudian Sejarah Gereja dengan pembimbing dan penguji Pdt. Kristianto Himawan.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian materi ujian, Jhosep Christanto dinyatakan lulus/layak tahbis sebagai pendeta. Usai ujian, Jhosep kemudian mengikuti prosesi pengucapan janji calon pendeta dan penandatanganan dokumen.

Sidang Istimewa kali ini diakhiri dengan sambutan sambutan dari visitor Sinode dan Klasis Tetangga serta laporan panitia. Seluruh persembahan yang terkumpul dalam kebaktian pembukaan diserahkan untuk membantu UKS melalui Bapelsin XXVIII GKJ. Pdt. Johan Budiman kemudian memimpin doa untuk menutup seluruh rangkaian acara Sidang Istimewa pada pukul 16.10 wib. (Pdt. Johan Budiman)