Tema: “Roh Kudus Memulihkan Gereja”

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode GKI Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yesus Sang Raja Gereja bahwa meski pandemi masih berlangsung, namun kami tetap dimampukan untuk memersiapkan buku Masa Pentakosta 2022 ini dengan baik. Untuk itu, perkenankanlah kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada rekan-rekan sepelayanan yang telah berkenan bersama-sama memikirkan dan membuat bahan-bahan yang ada di dalam buku ini, yaitu:

  1. Pdt. Paulus Kristian Mulyono (DPG GKI SW Jateng, GKI Pasteur Bandung
  2. Pdt. Neny Suprihartati (Bidang PWG Bapelsin GKJ, GKJ Rawamangun Jakarta)
  3. Pdt. Yosafat Ari Wibowo (GKJ Cilacap)
  4. Pdt. Didik Christian Adi Cahyono (GKJ Gandaria Jakarta)
  5. Pdt. Mira Novita Thios (GKI Beringin Semarang)
  6. Sdr. Rellin Ayudya (GKI Gejayan Yogyakarta)
  7. Bp. Lukas Widiyantoro (GKI Gejayan Yogyakarta)
  8. Bp. Hizkia Fredo Valerian (Yakkum, GKJ Sukoharjo)
  9. Pdt. Wahyu Purwaningtyas (GKJ Nusukan Surakarta)
  10. Pdt. Gatot Pujo Tamtama (GKI Kelapa Cengkir Jakarta)
  11. Pdt. Addi Soselia Patriabara (GKI Kavling Polri Jakarta)

Pentakosta 2022 ini mengambil tema “Roh Kudus Memulihkan Gereja.” Tema ini didasarkan pada dampak yang muncul karena Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun ini. Kita sadar bahwa Pandemi telah mengakibatkan perubahan yang sangat besar dalam tata cara kita menggereja. Kita berharap bahwa perubahan tersebut tidak mengubah esensi dasar dari inti iman kita. Untuk itu diperlukan upaya-upaya agar gereja tetap hidup dalam iman yang teguh dan mampu bersaksi di tengah zaman yang terus berubah ini. Kita yakin dan terus memohon kepada Tuhan agar dalam kondisi yang seperti itu Roh Kudus terus berkenan memulihkan gereja.

Bahan-bahan yang ada di dalam buku ini dibuat dalam konteks masing-masing penulis di bawah payung tema besar di atas. Oleh karena itu sangat baik jikalau masing-masing pengguna bahan-bahan ini berkenan mengolahnya kembali agar relevan dengan kondisi dan kebutuhan jemaat setempat.

Dalam percakapan di ruang virtual selama ini ada perdebatan yang tajam dalam penggunaan istilah Paska atau Paskah. Sila gereja memilih penggunaan istilah ini dengan merdeka. Kiranya perbedaan-perbedaan yang ada tetap menjadikan kita satu dalam derap Langkah melayani Tuhan.

Selamat memersiapkan Masa Pentakosta. Kiranya kita semua dapat memberikan yang terbaik bagi Tuhan Yesus Sang Raja Gereja melalui jemaat-Nya. Tuhan memberkati.

Salam hormat,

Yogyakarta, Maret 2022

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Murtini Hehanussa

Materi Masa Pentakosta 2022 dapat diunduh melalui link berikut ini:

Materi Masa Pentakosta 2022 dapat diunduh melalui link berikut ini:

Masa Pentakosta 2022_Word, Ukuran: 3,4 MB Masa Pentakosta 2022_pdf, Ukuran: 3,7 MB Mangsa Pentakosta 2022_Ms Word, Ukuran: 1,2 MB Mangsa Pentakosta 2022_pdf, Ukuran: 1,5 MB

Pengantar Pengiriman Bahan Masa Pentakosta 2022 dapat diunduh melalui link berikut:

Bagi Bapak/Ibu/Saudara yang ingin mendukung pelayanan LPP Sinode, dapat mengirimkan persembahannya melalui rekening berikut ini:

Rekening LPP Sinode
Giro BCA a.n. GKI SW Jateng QQ LPP Sinode No. 6975405200
Giro BRI a.n. LPP Sinode no. 0029-01-000409-30-9

atau scan QRIS berikut ini:

QRIS BCA
QRIS BRI