SinodeGKJ, Sleman – Pendeta Djunarso Kartika Hadi STh. Min, dari GKJ Condongcatur Klasis Yogyakarta Utara, telah memasuki masa emiritus, setelah melayani 34 tahun 7 bulan. Ibadah emiritasi dilangsungkan Selasa, 5 Juli 2022, bertepatan dengan ulang tahun gereja yang ke -38.

Acara emiritasi ini menyajikan aneka kreasi dan inovasi, diantaranya gambar Pdt. Djunarso sebadan penuh dari kardus yang digunakan sebagai background foto bersama layaknya gambar background Presiden Jokowi yang naik sepeda dan kita bisa membocengnya.

Kreasi lain adalah nuansa budaya Jawa yang dimeriahkan dengan sajian Panembrama Condong Laras, Suluk dari Ki Dalang Suprodjo yang mengawali homili emiritasi, juga rangkaian ucapan selamat dari jemaat kepada Pendeta Djunarso lewat tayangan vidio.

Ibadah semakin indah ketika khotbah diakhiri dengan pujian merdu: ‘Yesus Jurumudiku’ oleh Pdt. Djunarso Kartika Hadi bersama istri tercinta Indaryanti yang mereka bawakan dengan manis dan romantis. Hadir dalam acara ini, Visitator Sinode Pdt. Johan Budiman.

“Kuatkan dan Teguhkanlah Hatimu” menjadi tema renungan Pdt. Djunarso Kartika Hadi yang terinspirasi dari kesetiaan Yosua mendampingi orang-orang Israel dari Mesir ke tanah perjanjian Kanaan, dan dikuatkan serta diteguhkan Tuhan. Firman Tuhan ini diyakini betul oleh Pdt. Djunarso Kartika Hadi dan keluarga hingga akhir masa pelayanan, yang dibuktikan dengan Emiritasi alami bukan emiritasi dini. (Pdt Johan Budiman)