GKJ Cakraningratan

Info Kontak:

: Jl. Haryo Panular No.32, Surakarta 57149

: 0271 714433

: gkjcakra87@gmail.com

Pendeta:

  • Pdt. Hida Diyanto, M.Si.

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, Pk. 06.30
  2. Minggu, Pk. 08.30
  3. Minggu, Pk. 18.00
  4. Kamis, Pk. 05.00
  5. Minggu, Pk. 08.30
  6. Minggu, Pk. 18.00
  7. Jumat, Pk. 17.00

Profil dan Sejarah:

Pada tahun 1979 GKJ Joyodiningratan membagi wilayah pelayanannya kedalam Blokblok dan Pepanthan yang terdiri dari Blok I, II, III, IV, V, VI, dan 2 Pepanthan yaitu : Pepanthan Grogol dan Kronelan. Oleh karena pertumbuhan pekabaran Injil yang terjadi di wilayah bagian barat GKJ Joyodiningratan cukup pesat, dimana Tuhan terus bekerja melalui para tokohtokoh gereja di Blok I dan II yang meliputi wilayah Sriwedari, Panularan, Tipes, Cemani dan Penumping, yang pada waktu itu menjadi sebuah visi dan misi penginjilan para pemula gereja yang disebut “SriPanTiCemPe”.
Upayaupaya terus dilakukan untuk mewujudkan sebuah pepanthan, maka pada tanggal 1 April 1979 diadakan pertemuan tetua Blok I dan II yang menghasilkan gagasan untuk membentuk PRA PEPANTHAN GKJ JOYODININGRATAN dan PANITIA PERINTIS PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA. Adapun tokoh yang bertugas mencari lokasi dan merancang proyek pembanguan Gedung Gereja yang terdiri dari 11 wakil dari Blok I dan II yaitu : Bp. Atmosuwiryo, Bp. S. Wiyarto, Bp. Prasetyo, BA., Bp. Hary Sunarjo, Bp. Dirdjohardjono, Bp. Brototaruno, Bp. Suharto, Bp. Dhateng Padmowihardjo, Bp. Mulyanto, Bp. Yanto Suhasri dan Bp. Surdjono. Selain namanama tersebut juga ditambah dengan beberapa aktivis penggerak warga gereja untuk mengadakan penataan dan persiapan kemandirian dalam rangka mewujudkan sebuah pepanthan. Sebagai wujud nyata sebuah tekad mengabarkan Injil, menetapkan rumah Bp. Dirdjohardjono sebagai tempat ibadah calon pepanthan. Pada hari Minggu, 15 Juli 1979 jam 16.00 WIB dimulainya ibadah Minggu perdana warga jemaat Blok I dan II yang dihadiri 140 warga jemaat. Pemekaran jemaat calon pepanthan tersebut cukup pesat oleh sebab itu perlu dipikirkan tempat atau sarana peribadatan atau gedung gereja yang memadai.
Puji Tuhan, melalui kesungguhan dan kesanggupan segenap tokoh gereja dan warga gereja, telah mendapatkan gambaran lokasi gedung gereja. Salah seorang dari anggota Majelis GKJ Joyodiningratan yaitu Bp. Sriwidadi Slamet memberi informasi tentang keberadaan Ormas Islam yang setiap minggu mengadakan kuliah subuh di lokasi SD Cakraningratan meminta sebidang tanah untuk mushola yang disampaikan kepada Dinas P & K Kecamatan Laweyan, permintaan tersebut ditolak karena mengetahui bahwa tanah tersebut bukan hak miliknya tetapi masih milik PPKS. Dengan adanya informasi tersebut melalui Bp. S. Wiyarto secara lembagawi Majelis GKJ Joyodiningratan mulai berupaya untuk mengurus permohonan hibah tanah PPKS di komplek SD Cakraningratan kepada GKJ Joyodiningratan. Berbagai upaya dan dinamika yang dihadapi gereja dan tidak pernah lepas dari campur tangan Tuhan maka pada tanggal 16 Agustus 1980 ditandatangani Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah dari PPKS dengan ketentuan dan pembagian sebagai berikut :
1. Sebagian P.S. No. 16 AZ 191 luas kurang lebih 595 M2 di sebelah selatan dilepas untuk kepentingan GKJ Joyodiningratan Surakarta.
2. Sebagian P.S. No. 16 AZ.191 luas kurang lebih 1.703 M2 di sebelah utara dilepas untuk kepentingan Pemerintah Daerah Kotamadya Surakarta.
Berdasarkan surat Pernyataan tersebut gereja segera melakukan gerakan gotong royong untuk memulai pembangunan gedung gereja yang nantinya lokasi tersebut adalah GKJ Cakraningratan didirikan.
Dengan tetap sakiyek, sakekokapti gumregut, perjalanan sejarah menuju kepada terwujudnya gereja yang dewasa. Pada hari Rabu tanggal 17 Juni 1987 Majelis GKJ Joyodiningratan meresmikan pendewasaan Pepanthan Cakraningratan menjadi GKJ Cakraningratan.

Jadi GKJ Cakraningratan adalah buah dari pemekaran Injil di wilayah bagian barat GKJ Joyodiningratan yang beralamat di JI. Haryo Panular No. 32 Surakarta.
Dengan cakupan wilayah :
Wilayah Kelurahan Panularan Kecamatan Laweyan dan Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan, pemekaran sampai wilayan Cemani Kecamatan Grogol Sukoharjo yang terdiri dari 8 Kelompok 1 Pepanthan.

Periodesasi Pelayanan GKJ Cakraningratan :
Pelayanan Konsulen Pdt. Soeharno Pranotosoewignyo ( 19871990)
Pelayanan Konsulen Pdt. Iskak Mangunsaputro, S.Th. ( 19911992 )
Pelayanan Pdt. Sabto Widiatmoko, S.Th ( 19932004 )
Pelayanan Konsulen Pdt. Eko Prasetya, S.Si (2005 )
Pelayanan Konsulen Pdt. Matius Susanto Budi, S.Th. (2006 )
Pelayanan Konsulen Pdt. Uri Christian Sakti Labekti, S.Si. ( 2007 2009 )
Pelayanan Pdt. Hida Diyanto, M.Si. (ditahbiskan 9 Januari 2009)

Menyadari bahwa kehidupan gereja penuh dengan dinamika yang terjadi termasuk khususnya GKJ Cakraningratan. Berbagi suka dan duka telah dialami, namun satu hal yang pasti bahwa Gereja merupakan buah karya penyelamatan Allah. DIA pasti turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang mengasihi Dia. Biarlah segala sesuatu terjadi jika itu dipakai oleh Tuhan untuk semakin mendewasakan.