Info Kontak:

: Sraten, Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta 55781

: 0818-4609-45

: gkjcandenadm@gmail.com

: gkjcanden.com

Pendeta:

  • Pdt. Setiyono, S.Th.

Jadwal Ibadah:

  1. Sabtu 18.00 WIB Bahasa Indonesia
  2. Minggu 08.00 WIB Bahasa Jawa

Profil dan Sejarah:

Sejarah GKJ Canden: Atas berkat dan rahmat Tuhan Yesus pada tanggal 26 Agustus 1973 keinginan umat Kristen di wilayah Desa Canden untuk dapat mengadakan ibadah sendiri terlaksana. Peralatan ibadah diperoleh dari gotong royong warga jemaat GKJ Patalan dan GKJ Sumberagung yang berdomisili di Desa Canden. Pelaksanaan ibadah  ini dalam asuhan GKJ Sumberagung.  Ibadah perdana ini : Dilayankan oleh Pdt. Harjosuwarno (pendeta konsulen GKJ Sumberagung) Nats kotbah diambil dari Galatia 5:1 Dilayankan di rumah Bp. Jono Srayu (putra Bp. Darmorejo lurah Canden)

Dihadiri oleh Pemerintah setempat dan warga sekitar. Atas arahan dari visitasi Klasis Yogyakarta Timur mulai  01 Desember 1974 Ibadah Canden diasuh oleh Majelis GKJ Patalan dan GKJ Sumberagung. Dalam rapat bersama diputuskan :

Mempersiapkan kelompok ibadah Canden sebagai gereja dewasa.  Ibadah Minggu diadakan pagi dan sore.  Perjamuan kudus dilayankan mulai tanggal 28 Maret 1976.

Perjamuan Kudus dilayankan bergantian oleh Pdt. Harjosuwarno (Pendeta Konsulen GKJ Sumberagung)  dan Pdt. Hadi Suwarno (Pendeta GKJ Patalan) Dengan semakin berkembangnya peserta ibadah maka mulai 13 Juni 1976 ibadah dipindahkan ke pendopo bapak Suroso  (putra Bp. Darmorejo lurah Canden) di dusun Sraten.

Untuk mewujudkan keinginan mempunyai wadah kegiatan dan tempat ibadah maka dibentuklah Panitia Pembangunan dengan susunan pengurus sebagai berikut :

Pelindung:

Majelis GKJ Sumberagung dan GKJ Patalan

Ketua:                   Bp. Partosudarmo

Bp. W.Pudjosumarto

Penulis :               Bp. Kardjana HP

Bp. Giman HS

Bendahara:

Bp. Sarengat

Bp. Sukiyato

Anggota :             Bp. Benjamin Marto Waluyoatmojo

Bp. Siswosuwarno

Bp. Harjosudarmo

Bp. Purwosumarjo

Bp. Siswantohadi

 

Kegiatan Panitia Pembangunan diawali dengan menghimpun dana dari :

Warga Jemaat Canden, Donatur dari simpatisan, Sumbangan dari gereja-gereja lain

Sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Bantul dan Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Atas penyertaan dan kuasa Tuhan Yesus pada tanggal 04 September 1976 Panitia Pembangunan memulai pembangunan dengan peletakan batu pertama oleh Bp. Darmorejo (Kepala Desa Canden didampingi majelis GKJ Sumberagung dan GKJ Patalan disaksikan warga jemaat Canden. Kegiatan pembangunan selanjutnya dilaksanakan dengan gotong royong. Bangunan gereja (8mx15m + 4mx6m) berdiri di atas tanah kas desa Canden dengan status hak pakai (Ketetapan Gubernur DIY no. 1326/BI/Pd/AGR/86 tanggal 20 September 1986). Meskipun pembangunan belum selesai namun mulai bulan September 1978 telah digunakan untuk ibadah.

Kelompok Canden telah resmi berdiri menjadi gereja dewasa dengan nama Gereja Kristen Jawa Canden. Ibadah pendewasaan pada tanggal 1 Januari 1977 dilayankan oleh pendeta Hadisuwarno. Dalam ibadah ini diteguhkan anggota majelis sebagai berikut :

Tua-tua :              Bp. Benyamin Martowaluyoatmojo

Bp. R. Sarengat

Bp. Siswantohadi

Bp. T.Harjosutjipto

Diaken :                Bp. Giman HS

Bp. Sukabdi

Bp. Ngadikin Purwohartono

Dalam ibadah ini dihadiri :

Utusan Sinode Wilayah II

Utusan Klasis Yogyakarta Timur

Utusan Gereja-gereja se Klasis Yogyakrta Timur

Utusan Pemerintah desa dan Kecamatan Jetis

Rapat majelis pertama kali dilaksanakan tanggal 3 Januari 1977 bertempat di rumah Bp. Martosuwarno Turen dihadiri Pendeta Imam Sukarjo sebagai pendeta konsulen (dari GKJ Samirono Baru Klasis Yogyakarta Timur)

Untuk kelengkapan ibadah GKJ Canden dibantu  dari :

GKJ Patalan memberikan  satu buku katakismus dan papan nama GKJ Canden

Dari GKJ Sumberagung memberikan kitab suci dan perlengkapan perjamuan kudus.