GKJ Jatisumo

Info Kontak:

: Jatisumo RT.21 RW.03, Sambungmacan, Sragen 57253

: –

: pdt_jatisumo@ymail.com

Pendeta:

  • Pdt. Eko Diyono, S.Th.

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, Pk. 08.00
  2. Minggu, Pk. 16.00
  3. Minggu, Pk. 09.00

Profil dan Sejarah:

Pada tahun 1941 ada seorang warga Gereja Kristen yang berdomisili di Sambungmacan yang bernama Umbruk Karto Diharjo. Pada waktu itu beliau bergereja di GKJ Gondang Pepanthan Bangoan. Pada tahun 1948 di dukuh Jatisumo kedatangan salah seorang mantan Majelis GKJ Margoyudan Solo, yaitu Bp. Marto Santosa. Beliau adalah Kepala Sekolah Rakyat (SR) Sambung macan. Dari sinilah kekristenan di Jatisumo mulai dikenal, yang berawal dari adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Maka pada Tahun 1957 banyak sekali anakanak di Jatisumo yang masuk sekolah menjadi siswa di SMP Kristen Gondang. Melalui pengajaran pada guru dan khususnya guru Agama Kristen di SMP Kristen itulah benihbenih Injil mulai bertumbuh. Benihbenih itu nampak semakin bertumbuh ketika pada Perayaan Natal Pertama pada tahun 1968 di Rumah Bp.Parto Sukarno. Pada tahun 1969 dibukalah kebaktian perdana di Jatisumo yang bertempat di gedung TK rumah Bp. Sangaji, yang dilayani oleh Bp. Patmo Sukarto sebagai Guru Injil GKJ Gondang. Pada waktu itu juga dirintis kebaktian Sekolah Minggu.

Pada Tahun 1973 ada seorang warga Kristen di Jatisumo yang terpilih sebagai Kepala Desa di Sambungmacan, beliau adalah Bp. Sukimin. Pada tahun 1975 Bp. Sukimin diteguhkan sebagai Majelis GKJ Gondang. Beliau mengkoordinir saudarasaudara seiman yang ada di Jatisumo untuk mengikuti pembinaan rohani, diantaranya Pemahaman Alkitab (PA). Kemudian kegiatan itu dilanjutkan oleh Bp. Pdt. Ds. Amirin Bintoro sebagai pendeta GKJ Gondang. Pada tahun 1978 Bp. Sukimin juga memprakarsai untuk mengadakan kebaktian rutin di Pendopo Kelurahan Desa Sambungmacan. Pada tahuntahun berikutnya pelaksanaan ibadah berpindahpindah tempat. Pertama di rumah Ibu Pardi Siswoyo, kemudian pindah ke Bp. Salono dan di rumah Bp. Karto Wijoyo. Pada tahun 1980 Jatisumo ditetapkan sebagai pepanthan ke 11 GKJ Gondang.

Seiring perjalanan waktu, oleh kemurahan Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus orangorang percaya di daerah Jatisumo mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada tanggal 25 Desember 1982 diadakan Baptisan Massal yang pertama yang diikuti oleh 85 warga, terdiri dari 65 Warga Dewasa dan 20 anakanak. Pada tahun 1983 ada 21 warga yang dibaptis, pada tahun 1984 ada 11 warga dan tahun 1985 ada 13 warga yang dibaptis. Karena pertumbuhan warga jemaat semakin pesat, maka ada kerinduan sebagian warga jemaat untuk membangun dan memiliki gedung gereja sendiri yang permanent. Pada tahun 1990 dibentuklah Panitia Pembangunan gedung gereja yang diketuai oleh Bp. Sri Mulyono, dibantu oleh Bp. Sarjono, Bp. Petrus Mulyadi, Bp. Suwarno, Bp. Rahman Saleh dan seluruh warga jemaat yang mendukung pelaksanaan pembangunan gedung gereja, baik tenaga maupun dana. Pada waktu itu Bp. Sukimin mempersembahkan sebidang tanah miliknya seluas ± 900 M2 untuk dibangun gedung gereja. Pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja seluruh warga jemaat mengadakan bidston yang dipimpin oleh Pdt. Amirin Bintoro. Maka pada tahun 1992 berdirilah gedung gereja yang diidamidamkan. Walaupun kondisinya belum sempurna namun sudah dapat digunakan untuk beribadah. Dan terus dikembangkan pembangunannya.