GKJ Jonggolsari

Info Kontak:

: Dsn. Tegalsari RT.05 RW.01, Desa Jonggolsari, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo 56362

: 0822-2722-7947; 0815-4754-6710

: –

Pendeta:

  • Pdt. Samuel Sambudi, S.PAK.,M.Min.

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, Pk. 09.00 10.30
  2. Minggu, Pk. 08.00 09.30

Profil dan Sejarah:

Sejarah Gereja Kristen Jawa ( GKJ ) Jonggolsari terjadi melalui proses yang panjang dan penuh tantangan. Pasang surutnya kehidupan bergereja dan suka dukanya menjadi pengikut Kristus telah mewarnai proses panjang tumbuh dan perkembangannya GKJ Jonggolsari.

Seorang proklamator Indonesia, Bung Karno pernah mengatakan : “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya dan menghargai jasa para pahlawannya”. Demikian pula GKJ Jonggolsari, tidak akan pernah melupakan sejarahnya dan akan tetap menghargai jasa jasa para pendahulunya. Kehidupan masa lalu tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang. Kehidupan masa lalu telah memberikan warna tersendiri bagi kehidupan sekarang. Segala sesuatunya, baik itu kekurangan maupun kelebihannya masa lalulah yang menjadikan masa sekarang seperti yang kita hadapi dan rasakan saat ini.

Kini 57 tahun GKJ Jonggolsari telah berdiri, kita bisa melihat kedalam dan merenungkannya. Kita bisa mawas diri sudahkah semangat awal para pendahulu kita, yang begitu setia menjadi murid murid Kristus telah kita warisi? Segala bentuk kekurangan dan kelemahan masa lalu adalah hal manusiawi yang perlu segera kita lupakan. Dan semangat juang di jalan Kristus yang dimiliki oleh para pendahulu kita, biarlah tetap mengalir dalam urat nadi kita.

Penulisan sejarah GKJ Jonggolsari, adalah dalam upaya untuk terus mewarisi semangat juang pengikut pengikut Kristus yang pertama di GKJ Jonggolsari.
Penulisan sejarah GKJ Jonggolsari ini tersusun dengan sistematika sebagai berikut :
A. Peta Perjalanan Pekabaran Injil (PI) oleh Kyai Sadrah dan cikal bakal GKJ Jonggolsari
B. Penyerahan Pasamuan Kerasulan Jonggolsari kepada Badan Zending Wonosobo.
C. Masuknya Pepanthan Leksono, Welahan dan Keseneng ke GKJ Jonggolsari
D. GKJ Jonggolsari menuju proses pemanggilan Pendeta