Info Kontak:

: Jl. MT. Haryono No.10, Manahan, Surakarta 57139

: 0271 717645

: gkj_manahan_surakarta@yahoo.com

: www.gkjmanahan.org

Pendeta:

  • Pdt. Retno Ratih Suryaning Handayani, M.Th.,MA.
  • Pdt. Fritz Yohanes Dae Pany, S.Si
  • Pdt. Widya Notodiryo, S.Th. (Emeritus)

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu 06.30 WIB Induk Bhs. Indonesia KJ,
  2. Minggu 08.30 WIB Induk Bhs. Jawa KPK BMGJ,
  3. Minggu 16.00 WIB Induk Bhs. Jawa KPK BMGJ,
  4. Minggu 18.00 WIB Induk Bhs. Indonesia KJ,
  5. Minggu 06.30 WIB Induk Sekolah Minggu & Balita,
  6. Selasa & Jumat 05.30 WIB Doa Pagi

Profil dan Sejarah:

GKJ MANAHAN

Menjadi Gereja yang Memulihkan Kehidupan dalam Semangat Kebersamaan

Hari ini kita bersyukur atas Hari Ulang Tahun GKJ Manahan yang ke 93 tahun. Selama 93 tahun Tuhan sudah menyertai GKJ Manahan dalam melaksanakan tugas panggilan. 93 juga bukan waktu yang singkat yang didalamnya ada banyak dinamika.

GKJ Manahan didewasakan dari GKJ Margoyudan pada tanggal 8 Pebruari tahun 1929, awalnya  merupakan pepanthan dari GKJ Margoyudan yang berlokasi di Tumenggungan Surakarta. Pada saat GKJ Manahan berdiri, jumlah jemaat saat itu baru sekitar 50 orang. Berawal dari 50 warga jemaat yang dengan setia bertekun dalam iman dan persekutuan, GKJ Manahan terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Pasang surut kehidupan bergereja juga dialami sebagi gereja. Saat berat juga pernah dilalui terlebih pada waktu pendudukan Jepang. Pada saat itu jumlah jemaat sudah berkembang menjadi 239. Oleh pemerintah Jepang gedung gereja GKJ Manahan ditutup dan disegel dan diduduki oleh mereka. Peribadahan tidak bisa dilangsung di gereja bahkan Pdt. Atmowidjana sempat ditahan. Meskipun secara fisik, gedung gereja ditutup hal ini tidak menyurutkan jemaat untuk terus mengekspresikan iman dan kesetiaan kepada Tuhan. Puji Tuhan, Mr. Soewidji, salah satu warga GKJ Manahan dapat menunjukkan Piagam Pemerintah Jepang yang memberi perlindungan kepada umat Kristen di Jawa. Karenanya gedung gereja dapat dapat digunakan kembali untuk beribadah seperti sediakala.

Atas berkat Tuhan, gereja terus berkembang, pada tanggal 27 Maret 1966, GKJ Manahan mendewasakan Pepanthan Kerten menjadi GKJ Kerten. Dalam perjalanan waktu blok 2 GKJ Manahan dan Pepanthan Klodran didewasakan menjadi GKJ Sabda Winedar pada tanggal 23 Agustus 1996. Dan yang terakhir pada tanggal 20 Februari 2020, Pepanthan Tohudan dibiakkan menjadi GKJ Sabda Sumunar.

Dalam memperlengkapi karya pelayanan baik di lingkup GKJ Manahan , maupun lingkup yang lebih luas, sejak tahun 1936 ada beberapa pendeta yang melayani yaitu:

  1. Ds. Atmowidjana (masa pelayanan 1936 – 1945)
  2. Pdt. RM. Sugimo Purwowidagdo (masa pelayanan 1945 – 1951)
  3. Pdt. Soeradi Hadisewojo (masa pelayanan 1951 – 1983)
  4. Pdt. Bambang Broto Sudjali. S.Th (masa pelayanan 1971 – 2002)
  5. Pdt. Widya Notodiryo, S.Th (masa pelayanan 1985 – 2011)
  6. Pdt. Retno Ratih Suryaning Handayani, M.Th., MA
  7. Pdt. Fritz Yohanes Pany, M.Th. Teol
  8. Pdt. Samuel Arif Prasetyono, S.Si (masa pelayanan 2012 – 2021)

Beberapa diantara para pendeta tersebut di atas sudah berpulang, saat ini ada 1 pendeta emeritus: Pdt. Widya Notodirdjo dan 2 Pendeta aktif yaitu, Pdt. Retno Ratih Suryaning Handayani, M.Th., MA dan Pdt. Fritz Yohanes Dae Pany, M.Si. Teol.

Untuk memperlengkapi sarana pelayanan dan pemliharaan ibaadah, GKJ Manahan berupaya mengembangkan sarana pelayanan baik berupa Gedung Serba Guna GKJ Manahan yang pembangunannya selesai pada bulan Desember tahun 1987. Seiring dengan meningkatnya jumlah jemaat pada tanggal 21 Mei 1993 dilakukan peletakan batu pertama proses revitalisasi gedung Gereja Manahan. Proses revitalisasi ini selesai pada tanggal 29 Maret 1994. Dalam perjalanan waktu, ragam pelayanan semakin meningkat untuk merespon tugas panggilan dan berbagai persoalan yang berkembang dalam masyarakat. Karenanya pada tahun 2014 dimulailah pembangunan Gedung Sarana Pelayanan. Kita bersyukur banyak jemaat dan pihak yang terlibat. Bahkan dalam proses penyelesaian keseluruhan lantai dua, ibu Elizabeth Siwi Rahardjo kerkenan untuk menjadi donator. Gedung lantai 2 ini dikenal dengan Graha Siwi Rahardjo. Keseluruhan gedung ini diresmikan pada tanggal 21 Juni 2019.

GKJ Manahan menghayati panggilannya di tengah dunia. Di tengah krisis ekonomi yang melanda bangsa, sejak tahun 1997, telah memulai program nasi murah yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan. Program ini semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dukungan dari banyak pihak juga semakin banyak bahkan program ini menjadi ruang perjumpaan lintas. Tidak sedikit mas media yang meliput program ini sebagai bentuk dialog lintas iman yang konkrit. Sayang pada tahun 2009, ada sekelompok orang yang keberatan dan mendesak dengan keras supaya program ini dihentikan. Dengan berbagai pertimbangan, program ini memang tidak bisa dilanjutkan. Namun semangat untuk berbagi dan mengembangkan dialog lintas iman tetap menjadi spirit GKJ Manahan. Berbagai bentuk dialog lintas iman terus dikembangkan.

Selama 2 tahun ini seluruh peradaban termasuk bangsa Indonesia menghadapi pandemic covid 19. Pandemic ini telah mengubah tatanan kehidupan kita termasuk kehidupan bergereja. Pelayanan yang tadinya bertumpu pada perjumpaan langsung bergeser pada pelayanan dalam bentuk virtual. Ibadah, katekisasi, sekolah minggu dan berbagai pelayanan lain dilakukan secara online. Situasi ini mau tidak mau mendorong gereja untuk mengembangkan pelayanaan berbasis digital.

Di tengah pandemi ini GKJ Manahan juga menyatakan responnya di tengah keterpurukan perekonomian. Hal ini diantaranya diwujudkan melalui program makan siang (malam) untuk sahabat, lumbung pangan GKJ Manahan, memberikan pendampingan kepada warga jemaat yang terkonfirmasi dan terdampak covid 19 dan membentuk Komunitas Dipulihkan untuk memulihkan, sebuah komunitas untuk saling menguatkan bagi warga jemaat yang terkonfirmasi positif covid.

Kita bersyukur kondisi semakin membaik, ibadah secara offline, sekolah minggu, ibadaah pemuda/remaja dan berbagai bentuk pelayanan sudah kembali dilakukan secara offline. Ini saatnya kita pulihkan kembali persekutuan GKJ Manahan. Hal ini hanya mungkin kita lakukan dalam semangat kebersamaan seluruh komponen jemaat. Selamat Ulang tahun GKJ Manahan. Tuhan Yesus memberkati.

Link Update Pembaharuan