Info Kontak:

: Jl. Singosari Timur No.6, Prawit, RT.01 RW.03Nusukan, Surakarta 57136

: 0271 717706; (Fax: 0271 728838)

: gkj_nusukan@yahoo.co.id

Pendeta:

  • Pdt. Eko Prasetyo, S.Si.;
  • Pdt. Wahyu Purwaningtyas, S.Si.,M.Si.

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, 06.30Induk
  2. Minggu, 09.00Induk
  3. Minggu, 16.00 Induk
  4. Minggu, 18.30 Induk

Profil dan Sejarah:

Dimulai pada tahun 1942 beberapa orang warga GKJ Manahan dan GKJ Margoyudan melakukan pekabaran Injil diwilayah Nusukan dan sekitarnya. ( periksa Buku Sejarah GKJ Nusukan sampai dengan tahun 1979 ) Selanjutnya peranan orang percaya yang menjawab ya terhadap karya penyelamatan Tuhan menjadi semakin  bertambah jumlahnya diwilayah Solo Utara, sebut Nusukan.  Semenjak terbentuknya Pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 17 Pebruari 1745, wilayah Nusukan menjadi bagian dari Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Pada tahun 1953 pertumbuhan jemaat kristen di wilayah Nusukan dan sekitarnya semakin pesat dengan diijinkannya di wilayah ini berdiri Sekolah Dasar Kristen di Gilingan dan Balai Pengobatan Kristen Pantiwaluyo di Nusukan. Kegiatan-kegiatan bakal jemaat kristen di Nusukan secara rutin mulai dilakukan seperti :

  1. Pemahaman Firman (Bijbelkring);

Diadakan sebulan sekali secara bergiliran baik tempat maupun petugasnya. Dihadiri sekitar 15 orang meliputi wilayah Nusukan, Tirtonadi, Cinderejo, Nayu Timur, dan Ngemplak Barat.

 

  1. Sekolah Minggu.

Diadakan setiap hari minggu di SD Kristen Gilingan dengan pengajar Bapak Harjosuyatno (kepala SD tersebut) dengan dibantu beberapa pengajar lainnya.

 

  1. Katekisasi.

Katekisasi diampu oleh Bapak Sastrowardoyo di kediaman beliau di Nusukan (sekarang kediaman Bapak Sudarmadi Puspowardoyo, SPd.)

 

  1. Perayaan Hari Besar Kristen.

Perayaan hari besar kristen selalu diadakan terutama Natal, dengan dihadiri tidak saja oleh warga kristen saja tetapi juga tamu undangan lainnya.

 

Pada Pertengahan 1956 di Nusukan terbentuk Kepengurusan Pemahaman Firman untuk bapak-bapak yang terdiri dari : Bp. Poespoatmodjo, Bp. Midjijo Adi Kristyono, Bp. Poedjohadiwisoko. Sedangkan Pemahaman Firman untuk Ibu-ibu diketuai oleh Ibu Poespoatmodjo. Demikianlah pengorganissian makin teratur dan terarah, warga dapat menerima jadwal Pemahaman Firman setahun sekaligus.

 

Dengan perkembangan Katekisasi, Pekabaran Injil dan Sekolah Minggu yang makin intensif, maka selanjutnya tempat penyelenggaraan kegiatan pun bertambah antara lain di :

  1. SD Kristen Gilingan;
  2. Balai Pengobatan Kristen Pantiwaluyo Nusukan;
  3. Kediaman Bapak Sastrowardoyo (dua kali seminggu untuk pemuda dan orang tua).

 

Mengawali proses pendewasaan, pada 5 Oktober 1958 atas ijin GKJ Margoyudan dan Majelis GKJ Manahan, serta dengan sepengetahuan Luran Nusukan, maka di Nusukan telah diresmikan pembukaan tempat Ibadah / kebaktian minggu pada jam 16.30 – 17.30, yang dilakukan oleh Ymtb. Bp. Ds. D. Reksodarmodjo, yang sekaligus melayankan Firman Tuhan / kotbah yang pertama kali.

Dengan makin bertambahnya jumlah warga Kristen di wilayah Nusukan, serta mengingat jarak yang cukup jauh antara Nusukan dengan Margoyudan (sebagai gereja induk pada saat itu), maka pada tahun 1968 Majelis GKJ Margoyudan membentuk Majelis Wilayah yang bertugas mengurusi wilayahnya masing-masing seperti :

  1. Wilayah Margoyudan;
  2. Wilayah Sala Utara Nusukan;
  3. Wilayah Sala Timur Gandekan Tengen.
  1. Sementara dalam Rapat Majelis Wilayah tanggal 24 April 1969 mengemuka bahwa tempat kebaktian (rumah Bp. Poespoatmodjo) sudah tidak mampu menampung warga saat kebaktian, sehingga perlu adanya perluasan (ke depan) dan penambahan kursi jemaat.

 

Dalam sidang Panitia Bakal Jemaat GKJ Nusukan pernah membicarakan tentang nama-nama Jemaat Nusukan, yaitu : “GEREJA KRISTEN SALA UTARA”, tanpa istilan / nama “Jawa”, karena kenyataannya yang masuk dan mengikuti kebaktian di gereja ini tidak hanya orang jawa saja. Dengan demikian perlu adanya perubahan papan nama di depat tempat kebaktian menjadi “GEREJA KRISTEN SALA UTARA”. Adapun jadwal kebaktiannya pagi jam 09.30 dan sore jam 16.30.

Peresmian Pendewasaan GKJ Nusukan.

Pada hari Sabtu 8 Nopember 1969 jam 09.00 bertempat di rumah Bp. Pespoatmodjo, dilaksanakan peresmian pendewasaan GKJ Nusukan. Adapun penghantar kotbah dilayankan oleh Bp. Pendeta Ds. Edi Trimodorumpoko, STh.

Peresmian ini dihadiri oleh :

  1. Walikotamadya Surakarta (Letkol. Kusnandar);
  2. Camat Banjarsari (Bp. Siwiyono, BA);
  3. Lurah Nusukan (Bp. Toto Wardoyo);
  4. Utusan Sinode GKJ;
  5. Utusan Klasis Surakarta Timur;
  6. Utusan Majelis GKJ Manahan (Bp. Sunaryo dan Bp. Ngadiman);
  7. Utusan Majelis GKJ Margoyudan (Bp. Citroyudono dan Bp. Sukardi Hadiwardoyo)
  8. Seluruh warga jemaat dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam Sambutan Peresmian Pendewasaan GKJ Nusukan itu oleh Bp. Pendeta Ds. Edi Trimodorumpoko, STh. disebutkan bahwa GKJ Nusukan mempunyai satu pepanthan di Ngipang dan mempunyai warga (termasuk pepanthan) sejumlah : 660 orang, terdiri dari warga dewasa 390 orang dan anak 270 orang.