Info Kontak:

: Jl. Fatmawati KM.01, Blotongan, Salatiga 50715

: 0298-325049

: gkj.salut@gmail.com

Pendeta:

  • Pdt. Em. Suki Yahya Adiwidjaja, B.Th. (Emeritus)

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, Pk. 07.00
  2. Minggu, Pk. 09.00
  3. Rabu, Pk. 05.00
  4. Sabtu, Pk. 18.00

Profil dan Sejarah:

Gereja Kristen Jawa (GKJ) Tuntang Barat ada!ah merupakan pepanthan dari GKJ Salatiga. Jemaat Tuntang Barat direncanakan untuk didewasakan. Selama menjadi asuhan GKJ Salatiga keadaan jemaaat mengalami pasang surut. Suatu hal yang lumrah sebenarnya, dan bisa terjadi disetiap jemaat. Mulai tahun 1980 sudah dilakukan usaha perintisan pendewasaan. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah melakukan peningkatan para pengasuh jemaat. Disamping itu usaha yang lain juga dilakukan yang kesemuanya untuk mempersiapkan kedewasaan jemaat dan peningkatan berbagai pelayanan gerejawi.

Atas berkat dan kehendak Tuhan Sang Raja Gereja, kiranya usaha tersebut tidaklah siasia. Dengan usaha tersebut ternyata mampu mewujudkan perluasan pelayanan di wilayah Tuntang Barat. Tempattempat baru tersebut adalah Glendang desa Watu Agung. Jemaat ini kelak menjadi GKJ Salatiga Utara Wilayah Glendang.

Mengingat pesatnya pertumbuhan serta pertambahan jumlah jemaat, serta keinginan jemaat untuk menjadi dewasa nampak dalam peri kehidupan bergereja, maka pada akhirnya GKJ Salatiga berkenan mendewasakan jemaat yang berada di wilayah Tuntang Barat menjadi GKJ Salatiga Utara dan berkedudukan di Wilayah Blotongan. Pendewasaan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 1990 yang dinyatakan dalam upacara pendewasaan.
Daerah pelayanan GKJ Salatiga Utara meliputi 6 wilayah, yaitu:
1. Blotongan
2. Kesongo
3. Celengan
4. Tuntang
5. Delik
6. Glendang
Semua wilayah tersebut berada di wilayah Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, kecuali wilayah Blotongan yang menjadi Wilayah Kota (dulu Kodya) Salatiga oleh karena adanya pemekaran Wilayah Kota. Berikut digambarkan sekilas sejarah masingmasing wilayah GKJ Salatiga Utara.