Info Kontak:

: Komplek Paris Square Jalan Letnan Sutopo, Blok B No.5, Lengkong Gudang Tim., Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15321

: (021) 53160145

: serpong.gkj@gmail.com

Pendeta:

Jadwal Ibadah:

 

Profil dan Sejarah:

RIWAYAT SINGKAT

“Berkeinginan mempunyai tempat Ibadah dan menyelenggarakan Ibadah sendiri” itulah yang menjadi harapan jemaat wilayah BSD dan sekitarnya pada saat awal tahun 2002, dari keinginan tersebut menjadi awal berdirinya Pepanthan Serpong. Sehingga  inisiatif beberapa keluarga Warga GKJ Tangerang wilayah Alam sutera, Melati Mas dan Bumi Serpong Damai yang mempunyai kerinduan adanya perkumpulan, Ibadah beberapa jemaat di wilayah BSD dan sekitarnya menjadi kenyataan. Hal tersebut kemudian dilakukan kegiatan Peribadahan yang diawali pada tanggal 11 Mei 2002 di sebuah ruko di komplek Melati Mas Square. Dengan  menyewa tempat/sewa bulanan di RM Ayam Goreng “Kedung Sari/Ayam Bangkong” dengan jemaat mula mula dari GKJ Tangerang 55 KK dan 3 KK simpatisan GKI Serpong/gereja sekitar. Pada kisaran waktu kurang lebih satu tahun tempat Ibadah berpindah dari RM “Ayam Goreng Kedung sari /Bangkong” ke sebuah  ruko di komplek yang sama yaitu di Ruko “Toko Roti Buana” lantai 2  (sekarang Toko Buku Getsemane).

 

—Berdasarkan Hasil Rapat Pleno Majelis tanggal 04 Mei 2003 — dan diterbitkan —–SK No 116/MGKJ-T/V/2003, tertanggal 08-Mei-2003, GKJ Tangerang—– memutuskan : Team Pendampingan Pos Pelayanan Kebaktian GKJ Tangerang di Bumi Serpong Damai. yang ditanda tangani oleh : Pdt Pramudianto, S.Th.,SE. M.min,  selaku Pendeta GKJ Tangerang, Ketua Majelis : Tt Budi Widyatmoko dan Sekretaris 1 :Tt. Gantyo Koespradono,. Berdasarkan SK tersebut juga terbentuk dan tersusun Tim Pendampingan Pos Pelayanan Kebaktian GKJ Tangerang di BSD dalam lampiran SK yang pada saat itu diKetuai oleh Ketua Majelis GKJ Tangerang: Tt. Budi Widyatmoko, Sekretaris: Dkn. Kristati ,dan beberapa Anggota   yaitu : Pdt. Pramudianto STh. SE.Mmin, Pnt. M Nono Medi H, Pnt. Teguh Kriswanto, Pnt. Iswantoro, Dkn. Hono, Bp. Christovita Wiloto, Ny. Sriyati Suwarno Wiloto, yang ditugasi dan menerima untuk melaksanakan tugas dan wewenang sebagai tim pendampingan Pos Pelayanan Ibadah Bumi Serpong Damai.

SK tersebut juga  memutuskan adanya Kebaktian perdana —- Minggu 11 Mei 2003 —-secara Resmi dengan mengundang Gereja gereja tetangga ——- GKI sekitar BSD yaitu (GKI Serpong, GKI Serua Indah Ciputat) dan Gereja GKJ didalam Lingkup Klasis Jakarta antara lain (GKJ Pangkalan Jati, GKJ Tanjung Priok, GKJ Bekasi, GKJ Jakarta, GKJ Grogol, GKJ Depok, GKJ Joglo, GKJ Gandaria, GKJ Yeremia Depok, GKJ Pondok Gede Bekasi. ——–

Pelaksanaan kebaktian di Pos Pelayanan Serpong di “Ruko Roti Buana” berlangsung hingga pada akhir Tahun  2004 dan dengan segala upaya serta semangat Pos Pelayanan Serpong menggali dana, mengadakan Konser Musik di Balai Sarbini Jakarta yang melibatkan beberapa artis ternama Ibukota, membuka Kelas Alkitab dengan pembicara yang berkualitas dari beberapa Pendeta GKJ ternama, tokoh gereja dan menghasilkan dana sebagai dana awal mencari dan membeli Ruko di Wilayah BSD dan pada  awal tahun 2005 bisa menempati tempat Ibadah di komplek Paris Square Blok B II N0 5-7 BSD.

Seiring berjalannya kegiatan ibadah dan sesuai tahapan berdirinya Pos Pelayanan Ibadah BSD atau POS PELAYANAN SERPONG berubah status è menjadi PEPANTHAN SERPONG dan pada Rapat Pleno Majelis GKJ Tangerang tanggal —– 23 April 2006 GKJ Tangerang menerbitkan SK No.096/MGKJ-T/IV/2006 tertanggal 30 April 2006 —- yang  memutuskan  :

  1. Pos Pelayanan Kebaktian Serpong  menjadi Pepanthan Serpong .
  2. Ditetapkan sebagai Pepanthan mulai tanggal 11 Mei 2006 pada tanggal 30 April- 2006,yang ditandatangani oleh Pdt.Pramudianto SE ,Sth Mmin(Ketua) dan Pnt.Gantyo Koespradono (Sekretaris).

 

Sejak tanggal 11 Mei 2006 tersebut Pos Pelayanan Ibadah BSD beralih status menjadi GKJ Tangerang Pepanthan Serpong dan Pepanthan Serpong berbenah dengan membuat Papan Nama Gereja dengan tujuan agar Pepanthan Serpong makin dikenal di lingkungan BSD, dengan tujuan untuk menambah jumlah jemaat dan menarik simpatisan. Seiring  berjalannya waktu Pepanthan Serpong jemaatnya terus bertambah baik jumlah Kepala Keluarga (KK) dan jiwa nya hingga pada Tahun 2013 Pepanthan Serpong mempunyai jemaat kutang lebih 30 KK dengan jumlah jiwa kurang lebih 100 an jiwa. Pada Tahun 2013 juga Pepanthan Serpong berhasil melunasi Ruko Paris Square dan menjadi Hak Milik. Perkembangan jemaat Pepanthan serpong pada saat ini di pertengahan tahun 2017 berjumlah kurang lebih 190  jiwa dengan 45 KK dan sekitar 7 KK simpatisan.

Dalam daftar Quisioner Jemaat tahun 2015 dan tahun 2017 menyatakan bahwa 90% Jemaat Pepanthan Serpong berkeinginan  untuk mandiri/dewasa.

Hal tersebut menjadi semangat bagi pengurus dan Majelis Pepanthan Serpong untuk mengajukan  dalam Pleno Majelis GKJ Tangerang Bulan November 2017  agar bisa dipertimbangkan, untuk dibahas serta mengajukan dalam Materi pada Sidang Klasis 2017 untuk dapat diajukan Mandiri  pada tahun 2020, dengan tetap mengaju pada aturan PPAG GKJ dan Tata Gereja Dan Tata Laksana Gereja GKJ, serta tetap menjalankan VISI GKJ Tangerang  “Gereja  yang Peduli dan Berempati” dan MISI GKJ Tangerang “mewujudkan  jemaat yang saling Menopang”.

Pada sidang 18 klasis Jakarta Bagian Barat yang diselenggarakan pada 11 November 2017, GKJ Tangerang pepanthan Serpong mendapat persetujuan untuk berproses menjadi gereja mandiri tahun 2020, sekaligus didalam proses pembiakan tersebut, dilaksanakan juga program pemanggilan pendeta. Namun, karena kondisi pandemi, maka Majelis dan juga Jemaat GKJ Tangerang Pepanthan Serpong sepakat untuk memundurkan jadwal pendewasaan/pembiakan menjadi 22 Mei 2021.

Link Update Pembaharuan