GKJ Wonosari Klaten

Info Kontak:

: Poko, RT.01 RW.04, Duwet, Wonosari, Klaten 57473

: –

: gkjwonosari.klaten@yahoo.com

Pendeta:

  • Pdt. Indar Prasetiyotomo, S.Si.

Jadwal Ibadah:

  1. Minggu, Pk. 07.00

  2. Minggu, Pk. 16.30

  3. Minggu, Pk. 08.00

Profil dan Sejarah:

Benih Injil yang disebar para penginjil itu mulai tumbuh di Wonosari Klaten tahun 1925. Apalagi sejak kehadiran seorang Mantri Kesehatan yan bertugas di Balai Pengobatan Pabrik Gula Wonosari, Bapak Sukirto, benih itu mulai tumbuh menjadi tunas kekristenan. Pak Sukirto suka bercerita tentang Injil Yesus Kristus kepada para pasiennya. Mereka yang tertarik, setiap saat berkumpul di rumah Bapak Sukirto. Kadangkala mereka diajak Mantri Sukirto pergi ke Delanggu, tepatnya ke Gereja Delanggu.

Tunas kekristenan itu semakin berakar dengan dibaptisnya beberapa orang Wonosari di Gereja Delanggu. Sungguh karya Allah luar biasa, pada tahun 1937 seorang putera Wonosari, Bapak Kariyodikoro, dipilih oleh Allah untuk menjadi Diaken di Gereja Delanggu.

Hal ini semakin memacu pertumbuhan kekristenan di Wonosari. Bahkan di tahun 1966 Kekristenan mulai merambah ke daerah sebelah Utara yakni Kecamatan Gatak Sukoharjo. Karena dianggap telah mampu untuk menjalankan tugastugas panggilan Gerejawi, pada tanggal 17 September 1968 Pepanthan Wonosari di dewasakan oleh GKJ Delanggu menjadi GKJ Wonosari Klaten. Untuk beberapa tahun GKJ Wonosari menerima Pendeta Konsulen atas diri Bapak Pdt. S. Natasoedarma (Pendeta GKJ Delanggu).

Akhirnya pada tanggal 15 Desember 1976 GKJ Wonosari telah dapat menahbiskan pendetanya atas diri Bapak Pdt. Redjo Dirdjo Martana (19751995).

Dengan telah berpendeta sendiri, keberadaan GKJ Wonosari semakin bertumbuh. Hal ini ditandai dengan ditetapkannya wilayah Selatan GKJ Wonosari menjadi Pepanthan Sekaran.

Setelah kurang lebih empat tahun, GKJ Wonosari mengalami kekosongan jabatan gerejawi “Pendeta”, karena Pdt. RD Martana memasuki masa Emiritus, maka pada tanggal 17 September 1999 GKJ Wonosari menahbiskan Pendetanya yang kedua atas diri Pdt. Indar Prasetiyotomo. Dengan semakin bertambahnya jumlah warga Gereja dan memperhatikan kesiapan jemaat di Pepanthan Gatak, maka pada tanggal 5 Juni 2004 diselenggarakan Kebaktian Pendewasaan GKJ Gatak.